Langsung ke konten utama

Trip Sukabumi# Pemandian Cipanas



Senja menjelang tapi tidak menyurutkan kaki kami untuk terus melangkah. 
Tulisan ini lanjutan dari cerita yang di sini ya...

Tepat pukul 04.00 kami beranjak dari Cibangban menuju ke pemandian air Cipanas yang hanya berjarak sekitar 8 km. Ini hitungan saya ngasal lho ya…kira-kira sejauh itu. 

Dari Cibangban, kami jalan ke arah Pelabuhan Ratu. Sekitar 5 km atau sebelum pantai karang hawu belok kiri. Hati-hati, kalau ke sini harus teliti lihat papan petunjuk. Papan petunjuknya kurang jelas soalnya.

Setelah belok kiri itu, jalannya banyak sekali tanjakan. Kanan kiri hutan, sepi. Dari jalan raya masih 3 km lagi menurut tulisan di papan penunjuk arahnya. Pemandian air cipanas  yang berada di Cisolok ini memiliki tempat parkir yang lumayan luas. Saat kami sampai di sana pun masih banyak mobil yang parkir. Padahal, udah hampir jam 05.00.  

Sebelum masuk, kami  dipalakin  dimintai uang masuk 15rb per orang.
Dari tempat parkir, kami harus berjalan kaki lagi menapaki jalan sempit menuju pemandiannnya. Lumayan capek.


difoto dari tempat parkir
Tips:  karena jarak dari tempat parkir ke pemandian agak jauh dengan jalan yang curam dan sempit, tidak disarankan untuk para pengunjung lansia yang pakai kursi roda. Susah masuknya!

Saat sampai di pemandiannya, suasana masih ramai sekali. Ada lansia, remaja, balita, sampai bayi-bayi juga ada. Yang jadi pikiran saya adalah, ngapain bayi-bayi pada diajak ke sini? Atau anak anak remaja yang lagi pacaran jalan-jalan ke sini? Jawabannya cukup sederhana; ikut emaknya mandi :p

Ketika saya melongok melihat lihat orang yang lagi mandi di sungainya, ada emak emak asik mandi trus anaknya yang masih bayi kecebur ke dalam air sungainya#prihatin.

Tips: Jika kamu mandi di sungainya, sebaiknya kamu ikutin papan peringatannya ya...ada tulisan dilarang dekat dekat dengan sumber air panasnya. Bayi juga dilarang mandi di sungainya lho...Ingat!


Tips: Jika kamu mau dapetin foto-foto yang bagus, kamu harus rela nyebur ke aliran sungainya. Karena kalau liatnya cuma dari atas, bakalan susah dapet gambar oke. Atau karena memang saya nya aja yang nggak pinter motret? Anggap aja begitu ya, daripada nggak ada tips :D


Kebetulan kami berencana sholat asar terlebih dahulu. Di pemandian ini, ada sebuah mushola kecil di dekat sungai. Musholanya kecil banget dan kayaknya jarang disapu. Tapi mungkin emang sengaja dibikin kecil biar nggak pada tiduran di situ :p. Pas wudhu ada kejadian yang bikin saya sebel banget. Kran buat wudhunya jebol trus airnya mengguyur seluruh badan - seluruh baju - dan semua muanya yang ada di badan - semua basah deh…

Abis sholat, malah semua kebelet pipis. Saat mau pipis, eh liat tarifnya udah langsung pingsan. Masak buang air kecil 3000. Kalau berempat pipis semua kaliin aja berapa. Hadewh…akhirnya, sayapun memutuskan untuk tidak usah pipis dulu. Pipisya di villa aja yang gratis hehe…

Di pemandian cipanas ini, udaranya dingin banget. Bukan lagi sejuk tapi emang beneran dingin. Anginnya juga kenceng. Cuacanya juga mendung-mendung gimana gitu. Apa karena saya datengnya kesorean atau emang cuaca di sana begitu karena deket sama hutan. Kalau siang siang berada di sini pasti udah pada liyer liyer pengen merem. 

Kebetulan, pas kami jalan ada tukang bakso ngider bawa gerobaknya. Dan sayapun langsung pengen beli, karena udara dingin trus perut minta diisi. Kami akhirnya membeli bakso tanpa kuah. Emang abang baksonya males bawa kuah. Pas dicoba teryata itu baksonya dari ikan. Enaaaak banget….Selain baksonya gede, juga nggak berasa amis kayak bakso ikan yang sering saya beli di rumah. Walaupun Cuma pedagang kaki lima, tapi makanannya enak. Saosnya juga saos botolan yang sering saya pakai bukan saos curah. Pengen beli yang banyak buat dimakan di villa, tapi perut udah kenyang banget.

Setelah kenyang kamipun langsung cabut. Tak lupa membeli baju buat kenang kenangan. Di pemandian cipanas ini pedagang baju sama makanan rame. Jadi kalau nggak punya baju ganti, bisa langsung saja beli di kios-kios sepanjang jalan menuju pemandiannya.

Menurut info dari salah satu penduduk di situ, katanya ada tempat khusus untuk berendam air panas (atau hangat?). Tempatnya tertutup jadi bisa leluasa nggak takut diintip orang. Hanya bayar 30 ribu selama sejam. Tutupnya hanya sampai jam 6 sore. Kalau mau sampai malam mandinya ya di sungai nya aja yang free. Alias bebas biaya. Tapi diliatin banyak orang yang lagi nongkrong di situ. Sungainya dijaga sampai jam 7 malam. 

Berendam di pemandian cipanas ini katanya bisa juga sebagai terapi macam-macam penyakit. Kayak penyakit gatal, asam urat, rheumatik. Pantesan aja kebanyakan yang hadir di situ para lansia yang emang sengaja mau berendam buat terapi penyakitnya.

Berhubung saya malas mandi karena badan udah berasa dingin dan hari mulai gelap, kamipun rencana balik ke villa aja. Sambil jalan pulang beli baju dengan harga yang masih standar. Baju setelan anak masih harga 20-30rb yang ukuran kecil. Masih samalah kayak di tempat tempat wisata lainnya.

Pukul setengah enam kami resmi meninggalkan pemandian air cipanas dengan badan dingin dan mata mulai mengantuk. Semoga sampai villa bisa istirahat sebentar trus bisa jalan jalan lagi.
Kamu nggak puas dengan cerita saya? Ya udah ke sana aja sendiri. Tapi tungguin saya selesein tulisan Trip Sukabumi dulu ya…:)

ada spot untuk foto di atas sungai






Info : Pemandian Cipanas ini berada di 20 km sebelah barat pelabuhan ratu. Tepatnya di kecamatan Cisolok Sukabumi.


Komentar

  1. Udah pernah sih ke cipanas tp yg pemandian umumnya, jd cuma nyelupin kaki, nggak berendem krn terlalu rame.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mak...rame banget. trus deket banget sama sumber air panasnya:)

      Hapus

Posting Komentar

terima kasih sudah komentar di blog ini. komentar insya Allah akan saya balas. Atau kunjungan balik ke blognya masing masing :)

Postingan populer dari blog ini

Gigi Sudah Dicabut Tapi Masih Sakit

Gak punya foto dokter giginya. Adanya foto botol isi air garam buat kumur-kumur saat tindakan Selama pandemi ini, saya sering banget sakit gigi. Bentar-bentar sakit gigi, bentar-bentar ke dokter gigi. Padahal, ke dokter gigi dalam situasi seperti ini horor banget. apalagi kalau tempat dokter gigi langganan kena zona merah. Mau ke rumah sakit juga tambah takut. Masalah gigi ini sebenernya sudah lama banget. Tapi baru sekarang-sekarang ini aja bener parahnya. Disebabkan gigi geraham belakang bolong, trus lubangnya semakin lebar nggak karuan.  Sering sekali saya minta cabut aja sama dokter gigi. Tapi dokter gigi yang saya datangi seringnya menolak. Alasannya, tensi saya 130/90. Jadi kalau mau cabut gigi harus ke rumah sakit dulu, ke dokter penyakit dalam untuk cek segala sesuatunya sekaligus menurunkan tensi. Ujung-ujungnya ya ke rumah sakit dulu. Berhubung saya masih belum berani ke rumah sakit. Apalagi harus periksa gigi, harus cek ini itu, akhirnya acara cabut gigi batal terus. Daaaan.

Jalan-Jalan Nikmat di Kampung Turis

Waktu pertama kali dengar nama kampung turis, bayangan yang terlintas di benak adalah sebuah kampung yang banyak turisnya. Atau...sebuah tempat yang isinya menjual aneka jajanan berbau asing. Kayak di kampung cina, yang isinya macam-macam barang yang berbau kecinaan. Tapi ternyata saya salah. Kampung turis ternyata sebuah resto(tempat makan), tempat ngumpul bareng, tempat renang, tempat main anak, sekaligus tempat nginep. Bahasa gaulnya, Resort and Waterpark. Kampung Turis berlokasi di Kp. Parakan, desa Mekar Buana, kecamatan Tegal Waru-Loji, kab Karawang, Jawa barat. Jadi ceritanya, minggu pagi itu rencananya kami sekeluarga mau ke curug Cigentis. Di daerah Loji juga. Tapi berhubung pagi itu, saat mau berangkat mobil ngambek jadilah kami nunggu mobil pulang dari bengkel. Pulang dari bengkel sudah jam 11 siang. Kalau nggak jadi berangkat rasanya galau banget, kalau berangkat sepertinya tidak memungkinkan karena perjalanan dari rumah ke Loji saja sudah 2 jam. Kalau mau nekat ke curu

Puncak Picacho Aguascalientes

Aguascalientes dari atas picacho Hari ini, aku buka-buka lagi foto lama. Trus nemu beberapa foto lama saat kami naik ke puncak Picachu, Aguascalientes. Seingatku, itu perjalanan hiking pertama kali di sini.  Sebelumnya, kami nggak berani. Karena kalau dilihat dari jauh, rasanya jauh banget. Dan tentu saja udaranya begitu panas dan kering. Tapi karena penasaran akhirnya kami mencoba pergi ke sana. Kami pergi ke sana tepat di tanggal 1 Januari 2022. Berangkat dari rumah sekitar pukul 11 siang. Berangkat udah mulai panas banget. Dekat sih, dari rumah. Tapi tetap aja, kalau siang panasnya nyengat banget.  Sampai di sana, suasananya sepi banget. Orang-orang udah pada turun. Banyak juga yang udah mulai nongkrong di warung-warung di bawah. Saat itu, kami deg-degan banget karena baru pertama kali naik gunung. Kanan kiri rumput-rumput kering, yang konon katanya banyak ular deriknya.  Tapi waktu itu kami belum tahu, jadi kami ikut salah satu orang jalan melewati rumput-rumput itu alias jalan pin